Keluarnya 3 Member EXO

Keluarnya 3 Member EXO

1.    Kris
Kris ingin mengakhiri kontrak kerja sama eksklusifnya dengan salah satu agensi terbesar di dunia hiburan KPop tersebut. Namun Kris belum mengungkapkan akar masalah dirinya mengugat manajemannya itu.

Setelah membuat publik bertanya-tanya, akhirnya Kris melalui pengacaranya Hankyul menjelaskan alasannya. Saat diwawancarai media Cina Sina, Hangkyul menjelaskan jika kliennya merasa sangat tertekan dan tak bebas oleh agensinya.

Kris telah beberapa kali berbicara dengan agensinya agar diperlakukan dengan adil. Maksudnya, Kris ingin mengembangkan sayapnya tak hanya di dunia tarik suara saja, tapi juga akting. Hal itu yang tak ia dapatkan. Padahal, rekan-rekan lainnya di SM, seperti Heechul dan Kyuhyun `Super Junior`, atau Changmin `TVXQ` mendapatkan kesempatan berakting di drama atau variety show, dilansir dari OhKPop, Sabtu (17/5/2014).

Kris ingin meluapkan ambisinya dalam berakting dengan bermain drama. Hal itu diungkapkan Kris setelah ia menerima tawaran bermain drama. Sayangnya, pihak SM Entertainment menolaknya.

Kris juga masih bertanggung jawab dengan kegiatannya bersama EXO. Kris tak pernah mangkir dari tugasnya bersama EXO selama ini seperti kabar yang beredar.

Sementara itu, SM Entertainment mengumumkan konser EXO akan tetap berlangsung. Namun pihaknya tak yakin apakah Kris tetap ikut beraksi bersama EXO atau tidak.

2.     Luhan
Berbagai spekulasi soal alasan Luhan hengkang dari EXO bermunculan sejak member asal Beijing itu mengajukan gugatan penghentian kontraknya terhadap SM Entertainment. Mulai dari masalah uang sampai kesehatan pun diklaim jadi alasannya.

Sina melaporkan, ada beberapa hal yang membuat Luhan mengambil keputusan untuk meninggalkan grup yang membesarkan namanya itu. Membaca alasannya mungkin akan memberikan 'efek deja vu'. Sebab beberapa hal ini selalu muncul di setiap kasus artis SM Entertainment asal Tiongkok yang menggugat manajemen.

Alasan pertama yang ditulis Sina di laporannya, SM Entertainment tidak memberikan gambaran rencana karier Luhan di masa depan. Penyanyi kelahiran 1990 itu seolah 'ditelantarkan' tanpa kejelasan jadwal kegiatan keartisan.

Mengenai hal ini, manajemen telah memberikan bantahannya. Selama beberapa minggu terakhir --sejak rumor beredar di kalangan fans bahwa Luhan akan meninggalkan EXO-- manajemen mengaku tengah menggodok sebuah rencana untuk Luhan.

"Kami sedang melakukan negosiasi soal jadwal dan kegiatan individualnya ketika gugatan ini diajukan. Sebelumnya Luhan pernah bilang ingin fokus solo karier di Tiongkok ketimbang kegiatan bersama grup," kata manajemen dalam rilis resminya.

Dua alasan berikutnya terasa identik dengan kasus gugatan penghentian kontrak Hangeng eks Super Junior dan Kris (Wu Yifan) yang juga keluar dari EXO bulan Mei lalu. Yakni masalah diskriminasi antara personel Korea dan Tiongkok serta pembagian honor yang tidak merata.

Sementara itu, sumber terdekat Luhan mengatakan bahwa alasan utama pelantun 'Wolf' itu keluar dari EXO adalah karena ingin pulang ke Beijing. Tidak hanya karena masalah kesehatannya yang semakin memburuk akibat padatnya jam terbang EXO, tetapi juga karena ingin lebih dekat dengan keluarganya.

Luhan dilaporkan punya phobia terhadap ketinggian yang membuatnya sangat bermasalah dengan penerbangan. Kelelahan akut karena kegiatan bersama EXO dari satu negara ke negara lain membuat kondisinya semakin parah. Susah tidur, dada sesak dan sakit kepala selalu dialaminya sampai pada titik di mana ia susah bernapas.

Karena kondisinya yang semakin memburuk beberapa bulan terakhir, Luhan absen di konser EXO di Thailand. Namun saat tampil di Beijing, kampung halamannya, ia memaksakan diri untuk naik panggung dengan kondisi yang tidak benar-benar stabil. Ia bahkan sempat terjatuh dan wajahnya terlihat sangat lelah.

Selain masalah kesehatan, kabarnya Luhan juga ingin kembali ke kampung halamannya agar bisa lebih dekat dengan keluarga. Selama di SM dan di Korea, hanya ada sedikit waktu untuk Luhan bisa pulang dan menikmati hari bersama orangtuanya. Meski tentu saja, hal ini terasa klise karena seharusnya hal-hal seperti itu memang jadi risiko seorang artis yang dari luar Korea dan debut di Negeri Ginseng.

Namun memang, dua asalan terakhir yakni kesehatan dan keluarga jadi yang utama untuk Luhan meninggalkan grupnya. Berbeda dengan kepergian Kris yang diikuti berbagai kontroversi dan kemarahan, kepergian Luhan seolah dilepas dengan tenang dan damai. Bahkan salah satu member EXO, Lay terang-terangan memberikan dukungannya pada Luhan lewat Weibo dan Instagram.

Menanggapi soal gugatannya terhadap SM, ayah Luhan pun buka suara. "Anakku adalah prioritasku. Aku akan mendukung apapun yang membuatnya bahagia," katanya kepada Sina dalam sebuah wawancara eksklusif.

Keputusan yang diambil Luhan sudah bulat. Gugatannya sudah didaftarkan di Pengadilan Pusat Seoul. Lantas, adakah kemungkinan Luhan akan kembali ke SM dan beraktivitas bersama EXO lagi?

Jika melihat dari apa yang sudah terjadi pada artis-artis SM sebelumnya, tidak ada satu pun dari mereka kembali setelah mengajukan gugatan. JYJ (eks TVXQ), Hangeng, dan Kris kini telah memilih jalannya masing-masing dengan lepas dari SM. Luhan kemungkinan besar akan mengikuti jejak para senior dan rekannya.

3.     Tao
Tao beberkan kronologis dirinya keluar dari EXO. Tao pun mengungkapkan, alasan yang sebenarnya saat Tao keluar dari anggota EXO serta dari agensinya yakni SM Entertainment.

Hal itu dikarenakan agensinya yakni SM Entertainment mendeskriminasikan anggota EXO yang berasal Korea dan China. Saat itu, Tao cedera, dirinya tidak terlalu dipedulikan oleh SM Entertainment.

"SM menunda perawatan untuk cedera yang dialami Tao saat ia menjalani aktivitasnya sebagai penyanyi. Karena kurangnya perhatian keselamatan. SM juga punya banyak masalah, mereka selalu mendiskriminasi antara artis China dan Korea," ujar Tao seperti dikutip dari Soompi.

Menurut Dia, perlakuannya itu menyebabkan Tao mengalami gangguan mental dan fisik. Terlebih agensinya tidak melakukan tindakan apapun saat Tao mengalami kesulitan.

"Karena hal ini, Tao menderita secara mental dan fisik. Walau begitu, Tao sudah beberapa kali berusaha untuk tetap bersama SM dan memecahkan masalah ini. Namun SM sama sekali tidak melakukan tindakan apapun,"katanya

Tidak dipedulikan oleh SM Entertainmet, Tao pulang ke China untuk menerima perawatan, dan ayahnya sudah bertemu dengan pihak SM untuk bernegosiasi lebih dari 8 kali. Bukannya mendapatkan kesepakatan, SM Entertaint tetap bersikeras untuk tidak mengubah isi kontrak.

Tao mengajukan gugatan kontrak ke Pengadilan Pusat Seoul pada 24 Agustus. Tak hanya itu gugatan SM kepada Tao terlalu dilebihkan, yang menyangkut pautkan kerjasama antara Korea dan China. Sebab itu bukanlah alasan yang bagus untuk bisa melawan Tao.

"Masalah ini seharusnya di selesaikan di pengadilan Korea seperti yang tertera pada kontrak, namun, SM malah mengajukan gugatan ke China yang tentu saja bertentangan dengan kesepakatan yang sudah dibuat," tukasnya.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Sih NCT U? Apakah Itu NCT U?

PENGETAHUAN DASAR TENTANG ILMU SOSIOLOGI

Daftar Album EXO Lengkap