Siapa sih EXO? Apakah EXO itu ?

EXO adalah boyband China-Korea yang  beranggotakan 12 dan bernaung dibawah label SM Entertainmnet. Grup ini dibagi dua kelompok atau sub-unit yaitu EXO-K (Suho, Bekhyun, Chanyeol, D.O, Kai, Sehun) dan EXO-M (Xiumin, Luhan, Kris, Lay, Chen, Tao). Sebelum debut resminya, EXO-K dan EXO-M merilis single prolog pertama berjudul “What Is Love” pada tanggal 30 Januari 2012. Selanjutnya, mereka juga merilis single prolog yang kedua berjudul “History” yang dirilis pada tanggal 9 Maret. EXO-K dan EXO M debut pada tanggal 9 April 2012 dengan lagu “MAMA” yang merupakan bagian dari album mini pertamanya yaitu MAMA.

EXO merilis album penuh pertamanya XOXO pada tanggal 3 Juni 2013. Album tersebut dirilis dengan dua versi yaitu “Kiss” untuk bahasa Korea dan “Hug” untuk bahasa Mandarin. Dari album XOXO, lagu “Wolf” dipilih sebagai pemimpin tracknya. Sukses dengan album pertamanya, EXO meluncurkan album repackagenya yang diberi judul ‘Growl’. Album tersebut rilis pada 5 Agustus dengan pemimpin track “Growl”. Masih di tahun 2013, EXO kembali merilis album mini yang kedua Miracle in December pada tanggal 10 Desember.
Pada tanggal 7 Mei 2014, EXO-K dan EXO-M merilis album mini yang ketiga Overdose. Namun, leader EXO-M yaitu Kris tidak aktif dengan grup semenjak 15 Mei 2014 karena mengajukan gugatan kepada labelnya SM Entertainment masalah dengan kontraknya. Sementara Luhan, tidak aktif semenjak 10 Oktober 2014 dengan alasan ada masalah dengan kesehatanya.
Pada tanggal 3 Juni 2015, EXO kembali merilis album repackage dengan judul Love Me Right. Album tesebut merupakan repackage dari album sebelumnya yaitu EXODUS yang telah dirilis tanggal 30 maret lalu. Di album ini terdapat 4 buah lagu baru dan Tao tidak ikut promosi karena saat itu sedang mengalamai masalah dengan kesehatanya. Di akhir tahun, EXO kembali merislis album special musim dingin keduanya bertajuk ‘Sing For You’.
Setelah menggelar tur konser bertajuk ‘Exo’luxion’ pada bulan Februari 2016 di  5 kota di Amerika Utara, akhirnya EXO akan comeback pada pertengahan tahun 2016. EXO akhirnya resmi comeback dengan meluncurkan album studionya kedua berjudul Ex’Act pada tanggal 9 Juni. Sama seperti album-album seblumnya, album ini juga dirilis dalam 2 bahasa yaitu korea dan mandarin. Album ini berhasil memecahkan rekor sebagai album terbanyak yang terjual di minggu pertama, mengalahkan album Sing For You yang juga dicetak oleh EXO. Lagu “Monster” yang merupakan lagu andalan keduanya justru malah meraih posisi pertama di Billboard World Digital Song Chart. Sedangkan lagu utamanya “Lucky One” menempati posisi 3. Pada tanggal 18 Agustus, EXO merilis album repackage ke 3 bartajuk LOTTO. Ini merupakan repackage dari album sebelumnya yaitu Ex’Act dengan penambahan 4 lagu baru, termasuk “Lotto (Louder)” yang digunakan sebagai lead tracknya.


EXO
EXO "LOTTO"

Nama Grup : EXO (EXO-K dan EXO-M)
Label : SM Entertainment
Jumlah Anggota : 9 (8 Korea & 1 Cina)
Mantan Anggota : 3
Debut : 9 April 2012
Lagu Debut : MAMA
Fansclub : EXO-L (EXO LOVE)
Warna : Silver
Sub-unit :
  • EXO K (2012)
  • EXO M (2012)
Debut Solo :
  • Lay (2016)
Link :
Nama Grup : EXO (EXO-K dan EXO-M)
Label : SM Entertainment
Jumlah Anggota : 9 (8 Korea & 1 Cina)
Mantan Anggota : 3
Debut : 9 April 2012
Lagu Debut : MAMA
Fansclub : EXO-L (EXO LOVE)
Warna : Silver
Sub-unit :
  • EXO K (2012)
  • EXO M (2012)
Debut Solo :
  • Lay (2016)
Link :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Sih NCT U? Apakah Itu NCT U?

PENGETAHUAN DASAR TENTANG ILMU SOSIOLOGI

Daftar Album EXO Lengkap